Refleksi Minggu Keempat (Pertemuan -4)


Asssalamualaikum Wr.Wb kali ini saya di pertemuan ke 4 saya di pelajaran Algoritma pemrogramana membahas mengenai bahasa pemrograman, perulangan proses ditangani dengan suatu mekanisme yang dinamakan dengan nama loop. Dengan loop, suatu proses yang berulang dapat diimplementasikan dengan menggunakan statement-statement yang
pendek, tanpa harus menuliskan statemen berulang-ulang. Ada 3 (tiga) cara untuk melakukan perulangan di C++ yaitu :

  1. for
  2. while
  3. do-while
Komputer mempunyai kemampuan untuk menghitung perulangan dengan sangat  capat dan tidak mengenal lelah. Kadang diperlukan suatu kondisi untuk menghitung perulangan sampai presisi tertentu.

LOOP INVARIANT

Loop invariant digunakan untuk membuktikan bahwa loop for adalah benar
Karakteristik 
  • Benar pada suatu titik (pernyataan) pada setiap iterasi loop
  • Benar bila loop berhenti membuktikan loop bekerja secara benar.
Contoh :
Program untuk mencari nilai minimum dari sederetan input
#include <iostream.h>

//samp7.blogspot.com

using namespace std;
int main()
{
    int n,min;
    cout<<"Masukkan Bilangan Positif(0 untuk selesai):";
    cin>>n;
    for (min=n;n>0)
    {
        if (n<min)min=n;
        cin>>n;
    }
    cout<<"Min ="<<min<<endl;
    retrun 0;
}

Kondisi : min <= n selalu benar sebab sebelum pernyataan if mengubah harga min jika harga input terakhir dari n kurang dari harga min sebelumnya. Kondisi : min satu dari n harga selalu benar sebab min diawali dengan harga pertama dan min berubah harganya hanya bila harga input n yang baru lebih kecil dari min. Akhirnya : kondisi benar ketika loop berakhir diperoleh nilai minimum dari semua input dan di sini saya menyelesaikan program raptor untuk menyelesaikan masalah perulangan dalam materi pembelejaran ini 


KESIMPULAN

Perulangan data atau yang biasa disebut dengan “looping” adalah proses yang dilakukan secara berulang-ulang sampai batas yang ditentukan.

Struktur Perulangan digunakan untuk mengulang sekumpulan perintah sesuai dengan kondisi yang diberikan. Proses perulangan biasanya digunakan untuk mengulang proses pemasukan data, mengulang proses perhitungan dan mengulang untuk proses penampilan hasil pengolahan data, dengan jumlah tertentu jika sebuah kondisi belum terpenuhi.

Sekian dan Terima Kasih.

Posting Komentar

0 Komentar